Sabtu, 21 November 2009

LOMBA FILM DAN FOTO LINGKUNGAN

Dalam rangka peningkatan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup di Jawa Timur, Badan Lingkungan Hidu Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan :


LOMBA FILM DAN FOTO LINGKUNGAN
BLH JAWA TIMUR 2009

TEMA 

Lomba Film

“ Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim”


Lomba Foto

"Lindungi Puspa dan Satwa Nasional sebagai Cermin Peradaban Bangsa"

BENTUK KEGIATAN 

A. Lomba film, yang terdiri dari : lomba IKLAN LAYANAN MASYARAKAT dan lomba Film FIKSI. 

A.1. Syarat Peserta :
  • Peserta adalah Pelajar (SD, SMP, SMA) dan umum (Mahasiswa dan Umum)
  • Peserta adalah pemegang hak cipta atas video yang diikutsertakan dalam lomba
  • Peserta wajib menggunakan nama asli sesuai dengan identitas resmi (KTP/SIM/Paspor/KTM/Kartu Pelajar), serta dilampirkan.

A.2. Persyaratan Lomba:
  1. Berdurasi Iklan Layanan Masyarakat 20 detik - 1 menit, Film Fiksi 5 – 15 menit (tidak termasuk credit title)
  2. Kategori karya adalah video pendek dengan format iklan, kampanye, video seni, yang sesuai dengan tema(implisit/eksplisit)
  3. Film dikirim dalam bentuk DVD / MiniDV PAL beserta Formulir yang telah diisi lengkap, formulir dapat di download www.blhjatim.net , Sampul film (print out & file data *.jpeg ukuran cover dvd)
  4. Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya film dengan memenuhi persyaratan masing-masing, dengan masing-masing 3 (tiga) judul film.
  5. Kemas berkas pendaftaran Anda, yang terdiri dari formulir pendaftaran, dan semua kelengkapan wajib, dalam satu amplop tertutup. Jangan lupa tulis alamat pengirim maupun penerima dengan jelas.
  6. Apabila bahasa asli dari film bukan Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris, maka film wajib diberi subtitle dalam Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris.
  7. Film yang dikirimkan berhak disiarkan atau ditayangkan oleh panitia untuk keperluan media pendidikan dan/atau kampanye lingkungan.
  8. Peserta yang sudah mendaftar dan mengirimkan filmnya berarti bersedia apabila materi dan potongan film digunakan oleh panitia untuk keperluan promosi dan bumper acara.
  9. Video belum pernah memenangkan lomba lain dan bukan profil industri/perusahaan, iklan televisi dan video musik.
  10. Video tidak mengandung isu SARA (Suku, Ras, dan Agama)
  11. Penggunaan materi film yang berasal dari karya pihak lain (seperti: musik latar dan/atau potongan gambar/footage) harus disertai izin khusus dari pihak yang terkait.
  12. Media pembuatan (hardware/software) dan media peralatan yang dipakai bebas sesuai kreasi partisipan.
  13. Panitia BLH Jatim memiliki hak penuh untuk menggunakan semua karya yang diterima untuk media pendidikan dan/atau kampanye lingkungan di masa mendatang (hak cipta tetap pada pembuat).
  14. Panitia tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat gugatan oleh pihak ketiga dari karya yang dikirimkan peserta.
  15. Dewan Juri berhal membatalkan pemenang apabila diketahui karya pemenang pernah menang di lomba lain
  16. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


A.3. Kriteria Penilaian :
  1. Originalitas
  2. Kesesuaian tema
  3. Ketersampaian pesan lingkungan (komunikatif)

B. Lomba Foto, adalah hasil rekaman oleh kamera terhadap kondisi real puspa dan satwa di Indonesia di mana saja peserta lomba berada untuk merekam obyeknya ; Kenyataan yang tak terbantahkan atas kondisi sesungguhnya di lapangan tentang problematika lingkungan Indonesia, karena foto merupakan bukti otentik dan Foto-foto adalah saksi sejarah yang tak mudah rusak ditelan waktu. Dengan kecanggihan teknologi foti-foto yang berbicara tentang potret puspa dan satwa lingkungan seusungguhnya dapat terekamn dan terus dilihat oleh anak-cucu Bangsa Indonesia.

B.1. Syarat Peserta :
  • Terbuka untuk Umum (kecuali anggota Panitia dan keluarga).
  • Peserta wajib menggunakan nama asli sesuai dengan identitas resmi (KTP/SIM/Paspor).

B.2. Ketentuan Lomba :
  1. Karya Foto (bebas) boleh Berwarna atau Hitam Putih dari kamera Analog dan/atau Digital.
  2. Olah Digital yang diperkenankan sebatas menyesuaikan Burning, Dogging, dan hal lain yang wajar, namun tanpa ada (tidak diperbolehkan) menambah (penggabungan) unsur, elemen Obyek lain diluar Obyek Foto Asli itu sendiri.
  3. Foto dapat di cetak dgn Proses Kimia (Lab) maupun di Cetak dengan Mesin Printer (Digital printing).
  4. Ukuran Foto 20cm x 25cm.
  5. Setiap peserta boleh mengirim foto Maksimal = 5 (lima) lbr .
  6. Foto dikirim tanpa dibingkai, juga tanpa ditempel alas apapun juga, pengiriman (dalam Amplop Tertutup) & Foto agar diberi perlindungan karton atau Media tebal lainnya agar tidak rusak.
  7. Dibalik (setiap) foto ditulis : Nama Peserta, Alamat, Telp / HP, Fax, Email , Judul Foto & Lokasi Pemotretan.
  8. Karya Foto, tidak diperkenankan dicantumkan Logo, Tanda tangan atau hal lain yang bersifat Non Fotografis.
  9. Dilarang bernuansa SARA, Sadisme, Pornografi (tidak diterima & tidak dijuri).
  10. Foto merupakan hasil karya asli peserta & tidak terikat sewa menyewa dengan pihak lain. Panitia tidak bertanggung jawab apabila dikemudian hari timbul gugatan atas Obyek Foto dari karya foto yang di ikut sertakan dalam Lomba.
  11. Bila dikemudian hari diketahui ada pelanggaran maka segala atribut Pemenang akan dicabut (Diskualifikasi).
  12. Panitia memiliki hak penuh atas penggunaan foto-foto pemenang untuk keperluan publikasi (hak cipta tetap dimiliki Fotografer).
  13. Hanya foto-foto Pemenang & foto yang dinilai layak saja yang akan dipamerkan.
  14. Keputusan Panitia & Juri adalah mutlak, sah serta tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak melayani surat-menyurat dalam bentuk apapun juga.
  15. Dengan mengikutsertakan karya fotonya dalam lomba ini berarti peserta telah mengetahui & menyetujui segala persyaratan serta peraturan yang telah ditentukan oleh Panitia lomba.
  16. Karya akan dipamerkan pada acara Peringatan Hari Keanekaragaman hayati.  


B.3. Kriteria Penilaian :
  1. Originalitas
  2. Kesesuaian tema
  3. Ketersampaian pesan lingkungan (komunikatif)

Pendaftaran Lomba :
  1. Pendaftaran dibuka pada tanggal 15 Nopember 2009 dan ditutup pada tanggal 25 Desember 2009
  2. Kirimkan Karya Anda dengan melampirkan Biodata ( Nama Lengkap, Status Pendidikan, Alamat Institusi Pendidikan, Alamat Kontak, No Telepon/HP, Email, serta Pas Foto Peserta ukuran 4x6cm ) ke Badan Lingkungan Hidup Provinsi JawaTimur Jl. Wisata Menanggal No. 38 Surabaya cq. Bidang Komunikasi dan PPSM melalui pos, agen pengiriman, maupun diantar langsung sebelum tanggal 26 Desember 2009.
  3. Hasil penjurian akan diumumkan pada tanggal 28 Desember 2009.


Hadiah :
  1. Karya Film Layanan Iklan Masyarakat Terbaik dan Film Fiksi Terbaik untuk masing-masing kategori serta Ide Cerita Terbaik untuk seluruh kategori, mendapat Hadiah berupa Trophy, Piagam Penghargaan dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.500.000,00
  2. Karya Foto terbaik I dan II untuk masing-masing kategori Piagam Penghargaan serta Uang Tunai sebesar Rp. 1.250.000,00 dan Rp. 750.000,00.

Lain-lain
Hasil Lomba tersebut akan dipamerkan di Balai Pemuda atau di Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya ( jadual menyesuaikan ), selain hal tersebut juga akan diadakan Screening film (pemutran film yang masuk nominasi) dan Dialog Apreasiasi Film Lingkungan yang dapat dihadiri masyarakat umum.